Dapatkan CRMA Tanpa Ujian, Ikuti PER!

Institute of Internal Auditors (IIA) baru saja merilis detail dari proses Pengakuan Pengalaman Profesional (PER-Professional Experience Recognition) untuk sertifikasi mereka yang baru, CRMA. Anda, para praktisi audit internal yang memiliki pengalaman dalam melakukan assurance terhadap proses manajemen risiko, dapat mendapatkan sertifikasi CRMA hanya dengan mengajukan  bukti pengalaman, sertifikasi terkait, dan atau pendidikan sesuai persyaratan.

Tanpa ujian sertifikasi? Ya, benar.

PER ini merupakan pengganti ujian sertifikasi CRMA, yang baru akan mulai ditawarkan pada bulan Juni 2013. “Kami mengakui ada banyak auditor internal dan profesional manajemen risiko yang sudah memiliki pengetahuan yang diperlukan dan pengalaman sehingga layak mendapatkan gelar CRMA,” kata Wakil Presiden IIA Sertifikasi Cyndi Plamondon, CIA, CCSA, CFSA, CGAP. “Kesempatan ini memungkinkan mereka untuk memimpin jalan dalam menunjukkan keahlian mereka yang berharga.”

Proses PER ini mensyaratkan seorang kandidat CRMA untuk mengumpulkan poin berdasarkan 3 hal sebagai berikut:

1. Pendidikan

2. Sertifikasi Audit terkait yang masih aktif

3. Pengalaman Profesional dalam lima domain dari CRMA:

  • Menilai / jaminan kegiatan manajemen risiko
  • Manajemen risiko fundamental
  • Unsur-unsur manajemen risiko
  • Kontrol teori dan aplikasi
  • Bisnis tujuan dan kinerja organisasi

Bagi kandidat yang mengumpulkan poin lebih dari 150 poin akan diberikan gelar CRMA, sekali lagi, tanpa harus mengikuti ujian CRMA.

Lantas bagaimana cara menghitung poin tersebut?

Berikut ini adalah daftar penilaian untuk ketiga hal tersebut di atas:

1. Pendidikan – Maksimum 25 poin

  • Gelar Associates  – 15 poin
  • Gelar Sarjana  – 20 poin
  • Gelar Magister – 25 poin

2. Sertifikasi yang aktif saat ini – Maksimum 30 poin

  • CIA atau CCSA – 30 poin
  • Sertifikasi lainnya – 20 poin (Sertifikasi profesi di Indonesia yang diakui IIA adalah QIA)

3. Pengalaman Profesional sesuai Domain CRMA – Maksimum 140 poin

  • Kurang dari 120 bulan pengalaman – 100 poin
  • Antara 120 dan 300 bulan – 120 poin
  • Lebih dari 300 bulan – 140 poin

Walaupun tanpa ujian, Proses PER tidaklah gratis. IIA tetap mengenakan biaya untuk gelar CRMA berdasarkan proses PER ini yang besarnya berkisar antara US $250 sampai US $650, tergantung pada faktor-faktor seperti apakah Anda anggota IIA dan apakah Anda memiliki sertifikasi yang aktif pada saat ini. IIA juga mengenakan biaya sebesar US $ 100 saat Anda mengajukan aplikasi, yang tidak dapat ditarik lagi walaupun Anda batal atau tidak lulus proses PER ini.

Biaya proses PER, di luar biaya aplikasi US $ 100 tersebut, adalah sebagai berikut:

 Status Sertifikasi

Anggota

Non-Anggota

Kandidat memiliki CIA / CCSA aktif

USD $ 250

USD $ 400

Kandidat TIDAK memiliki CIA / CCSA aktif

USD $ 495

USD $ 650

 

Bagaimana Anda dapat mengirimkan aplikasi PER CRMA?

Sebetulnya IIA memiliki Pusat Sertifikasi Global yang melayani sertifikasi secara online dari seluruh dunia. Namun untuk 30 negara yang dianggap mandiri, termasuk Indonesia, sertifikasi ini harus didaftarkan melalui Chapter IIA di negara masing-masing. AuditorInternal.com yang telah meminta informasi kepada IIA Indonesia, hingga saat berita ini diturunkan belum mendapatkan balasan.

Anda memenuhi syarat?

Sambil menunggu informasi lebih lengkap dari IIA Indonesia, Anda dapat  mempelajari lebih lanjut tentang CRMA pada laman ini http://www.theiia.org/certification/crma .

Update 24/10/2011:

Sesuai info dari pengurus IIA Indonesia, Phil Leifermann, sertifikasi CRMA melaui PER diharapkan bisa dimulai pada 1 Januari 2012 hingga 31 Desember 2012 (selama satu tahun). Sedangkan sertifikasi CRMA melalui ujian diharapkan sudah bisa dimulai pada tanggal 1 Januari 2013.

Tinggalkan komentar