Korupsi Marak, Karena Lemahnya Pengawasan Internal

Fahmi Firdaus – Okezone
Rabu, 5 Oktober 2011 07:30 wib

Ilustrasi

JAKARTA Kasus korupsi yang mencuat ke permukaan dan melibatkan pejabat tinggi di kementerian tertentu menjadi sorotan banyak pihak. Anggota Komisi XI DPR Memed Sosiawan mengatakan bahwa korupsi di lembaga negara terjadi akibat lemahnya kontrol internal pemerintah atau mungkin terjadi pembiaran mulai dari awal perencanaan kegiatan masing-masing kementerian/lembaga.

“Lemahnya kontrol internal menjadi peyebab awal dan yang paling utama dalam setiap kasus korupsi di beberapa lembaga. Kuncinya adalah pada kontrol anggaran yang kuat,” kata Memed dalam siaran pers yang diterima Okezone, Selasa (4/10/2011).

Lebih lanjut dia mengatakan, seharusnya pemerintah dapat mengantisipasi sejak dini untuk dapat mencegah kasus tersebut terulang. Apalagi, di masing-masing kementerian sudah ada Inspektorat Jenderal (Irjen) yang bertugas mengawasi dan memberikan evaluasi terhadap potensi penyelewengan.

“Pengawasan internal bisa melalui optimalisasi peran Inspektor Jenderal, atau melalui kontrol yang kuat dari menteri yang bersangkutan melalui mekanisme internal yang kuat” ujarnya.

Untuk itu, poltikus PKS ini mendesak Menteri Perencanaan Nasional sekaligus Ketua Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) melakukan pengawasan di tingkat perencanaan program agar tidak terjadi pembelokan arah.

Menurut Memed, Menteri Keuangan dapat melakukan pengawasan di tingkat penganggaran sedini mungkin.

“Saya usul kalau bisa dibuat mekanisme reward dan punishment bagi Kementerian atau Lembaga, bahkan Daerah yang benar-benar memiliki komitmen terhadap pencegahan dini terhadap modus korupsi di semua tingkatan,”pungkasnya.

(abe)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s