IIA Terbitkan Practice Guide "Interaksi dengan Dewan"

Pada akhir Agustus kemarin,  IIA telah merilis sebuah panduan praktik (practice guide) baru berjudul “Interaction with The Board” (Interaksi  dengan Dewan). Tujuan dari PG ini adalah  membantu para CAE dalam memenuhi persyaratan IPPF yang berkaitan dengan standar “berinteraksi dan berkomunikasi dengan Dewan”.

Dewan dan aktivitas audit internal memiliki tujuan yang saling terkait. Oleh karenanya sebuah hubungan kerja yang kuat di antara keduanya merupakan hal yang sangat penting untuk diupayakan. Hubungan yang kuat tersebut akan mendukung pemenuhan tugas dan tanggung jawab auditor internal, bukan hanya kepada Dewan saja, namun juga kepada manajemen senior, pemegang saham, dan pemangku kepentingan lainnya.

PG ini terdiri dalam 13 halaman, lebih banyak mengatur pada sisi aktivitas CAE yang merupakan kunci untuk hubungan yang efektif antara Dewan dan aktivitas audit internal. Didahului dengan ringkasan eksekutif dan introduksi, PG ini berisikan 4 topik utama, yaitu:

  1. Hubungan aktivitas audit internal dengan Dewan
  2. Komunikasi melalui rencana audit berbasis risiko
  3. Pelaporan kepada Dewan
  4. Administrasi dan koordinasi dengan aktivitas Dewan
Dalam topik hubungan antara keduanya digariskan antara lain mengenai frekuensi komunikasi atau rapat, komunikasi atas hal-hal yang sensitif, hingga kepada penunjukan dan pemberhentian CAE. Topik pelaporan juga diatur cukup rinci dalam PG ini, anta lain mengatur pelaporan area-area kunci, sistem pengendalian, status penugasan dan sumber daya, distribusi laporan audit, temuan/isu-isu yang masih terbuka/pending, dan sebagainya.
Untuk kita di Indonesia, meskipun struktur tata kelola yang diterapkan tidak sama dengan apa yang berlaku di Amerika dan banyak negara lainnya,  PG ini tetap dapat menjadi acuan bagi para CAE terutama pada hal-hal yang umum dilakukan dalam pelaporan, administrasi,  dan pertanggungjawaban.
Bagi Anda yang menjadi anggota IIA, PG ini dapat diunduh secara gratis di sini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s