ISACA Mengundang Komentar Publik atas 'Exposure Draft' COBIT 5

ISACA, sebuah organisasi nirlaba asosiasi profesi global di bidang audit sistem informasi dan pengendalian, mengundang komentar publik atas draf eksposur (exposure draft) COBIT 5: The Framework dan COBIT 5: Process Reference Guide. Kedua dokumen tersebut sekarang telah tersedia di www.isaca.org/cobit5 dan komentar akan dibuka sampai dengan tanggal 18 September 2011.

Sesuai dengan pengumuman pada saat Kongres Dunia ISACA di Washington DC 28 Juni 2011 lalu, COBIT 5 akan menjadi evolusi penting dari panduan COBIT yang selama ini telah diakui secara global, dengan penggabungan beberapa pemikiran mutakhir dalam tata kelola perusahaan dan juga teknik-teknik manajemen. Perusahaan-perusahaan dalam berbagai ukuran di seluruh dunia telah menerapkan COBIT untuk mengurangi risiko-risiko berkaitan dengan teknologi informasi (TI) dan meningkatkan kepercayaan akan informasi yang dihasilkan TI. COBIT juga memungkinkan pengembangan kebijakan yang jelas dan praktik yang baik untuk manajemen TI, meningkatkan nilai yang diberikan oleh TI serta mengelola kepatuhannya.

“Nilai COBIT terutama adalah karena dihasilkan dari sebuah proses pengembangan kolaboratif yang menyatukan bakat dan keahlian dari para pemimpin industri di seluruh dunia,” kata Derek Oliver, CISA, CISM, CRISC, Ph.D., DBA, CITP, FBCS, FISM , MInstISP, Wakil Ketua Satuan Tugas COBIT 5 yang juga merupakan CEO Ravenswood Consultants Ltd. “Kami mendorong para profesional di bidang TI dan bisnis untuk secara aktif berpartisipasi dalam pemutakhiran yang besar terhadap COBIT dan membantu memberikan arah bagi inisiatif global yang penting ini.”

COBIT 5 akan mendasarkan sekaligus memperluas COBIT 4.1 dengan menghubungkannya dengan kerangka standar dan sumber daya utama lainnya, seperti ITIL, ISO, ISF, OECD, AICPA dan NIST. COBIT 5 juga akan mengintegrasikan pedoman dari ISACA lainnya, seperti Val IT, IT Risk, the IT Assurance Framework and the Business Model for Information Security (BMIS), menjadi satu peta yang kohesif dan komprehensif. Ini akan membantu perusahaan memastikan bahwa mereka dapat memiliki kepercayaan serta mendapatkan nilai dari sistem informasi mereka.

“COBIT 5 akan didasarkan pada prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang sehat dan akan membantu organisasi mengelola risiko operasional, serta tetap bertahan di atas persyaratan kepatuhan yang terus berkembang,” kata John Lainhart, CISA, CISM, CGEIT, CRISC, Wakil Ketua Satgas COBIT 5 yang juga merupakan partner pada Layanan Bisnis Global IBM. “Ini membangun dan memperluas 15 tahun sejarah COBIT yang telah berjalan dan terus dikembangkan oleh para pemimpin senior di bidang TI dan bisnis di seluruh dunia untuk memastikan bahwa COBIT senantiasa memenuhi kebutuhan dan harapan pemangku kepentingan.”

ISACA menerima hampir 3.000 komentar dari lebih dari 600 profesional TI dan bisnis selama periode paparan publik tahun lalu untuk draf design paper dari COBIT 5. Lebih dari 92 persen dari responden menilai bahwa pemutakhiran yang akan dilakukan terhadap COBIT 4.1. tersebut “berharga” atau “sangat berharga”.

Komentar ditutup.