BI Tegaskan Audit Internal di Perbankan Tidak Bisa Outsource

Infobanknews.com Kamis, 23 Juni 2011, 12:04 WIB

Dalam menjaga risiko operasional yang mungkin terjadi dengan penggunaan jasa pihak ketiga, BI terus menggodok pembentukan PBI Alih Daya, sehingga bisa jelas posisi yang bisa dan tidak bisa menggunakan jasa outsource. Salah satu posisi yang tidak boleh menggunakan jasa outsource adalah audit internal. Paulus Yoga

Jakarta–Bank Indonesia (BI) menegaskan bahwa fungsi internal audit dalam industri perbankan tidak bisa dialihdayakan kepada pihak ketiga (outsource). Adapun bank sentral akan menegaskan hal tersebut dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI) Alih Daya yang masih digodok.
“Audit nggak boleh di-outsource. Memang selama ini nggak ada, tapi lebih dipastikan lagi,” ujar Kepala Biro Direktoran Penelitian dan Pengaturan Perbankan BI Irwan Lubis, kepada wartawan disela Musyawarah Nasional dan Pemilihan Pengurus Ikatan Auditor Intern Bank periode 2011-2014, di Jakarta, Kamis, 23 Juni 2011.
Adapun saat ini, industri perbankan meminta BI untuk membuka diskusi untuk menegaskan mana-mana saja posisi dalam bank yang bisa dialihdayakan. Saat ini penggodokan PBI tersebut terus dilakukan BI, dan diharapkan dapat segera selesai tahun ini.
Penegasan mana-mana posisi yang bisa menggunakan jasa pihak ketiga tersebut dilakukan BI, setelah beberapa waktu lalu industri perbankan dihebohkan dengan kematian nasabah kartu kredit salah satu bank terkemuka oleh oknum jasa pihak ketiga penagihan (debt collector).
“Untuk audit internal harus dari bank itu nanti akan dimasukkan ke PBI. Audit internal itu kan dari pelaksanaan fungsi manajemen,” tandasnya. (*)

Sumber/Link Asli:
http://www.infobanknews.com/2011/06/bi-tegaskan-audit-internal-di-perbankan-tidak-bisa-outsource/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s