Perkuat GCG, BI Akan Sempurnakan Aturan

Oleh Donald Banjarnahor, Rika Novayanti & Hendri T. Asworo

Published On: 22 June 2011

JAKARTA: Bank Indonesia akan menyempurnakan sejumlah aturan untuk memperkuat good corporate governance dalam melindungi kepentingan nasabah dan industri perbankan.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Halim Alamsyah menyatakan kasus perbankan akhir-akhir ini terjadi karena kurangnya penerapan good corporate governance (GCG) pada internal bank.

Bahkan, lanjutnya, ada beberapa bank yang menganggap GCG sebagai biaya yang tidak perlu dan menghambat ekspansi untuk pertumbuhan jangka panjang.

“Namun kita tahu pelaksanaan GCG ini mutlak diperlukan karena tanpa itu industri perbankan tidak dapat berkembang secara cepat dan sehat,” ujarnya dalam kata sambutan Banking Effiency Award yang diselenggarakan oleh Bisnis Indonesia, hari ini.

Untuk itu lanjutnya, bank sentral akan menyempurnakan sejumlah aturan untuk memperkuat implementasi GCG di perbankan.

Aturan yang digodok a.l. menyempurnakan kontrol internal yang efektif, ketersediaan standard operational procedure yang memadai dan mendorong pengawasan aktif dari direksi dan komisaris.

Selain itu, bank sentral juga akan menyempurnakan pengawasan dengan penguatan fungsi Direksi Kepatuhan yang lebih optimal serta satuan kerja audit internal dan manajemen risiko yang dapat beroperasi secara independen.

“Semuanya itu antara lain lapisan pertahanan pertama pada bank. Kalau semuanya dilakukan dapat mengurangi risiko operasional,” ujarnya.

Di samping pengguatan GCG di internal bank, lanjut Halim, bank sentral juga akan mendorong pengawasan masyarakat dan kantor akuntan publik yang mengaudit bank.

“Ini merupakan lapisan kedua sehingga ada jaminan yang baik terhadap perlindungan dana nasabah dan bank itu sendiri sebagai industri,” ujarnya. (er)

Sumber/Link Asli:

http://www.bisnis.com/finansial/perbankan/28351-perkuat-gcg-bi-akan-sempurnakan-aturan

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s