Temuan Awal dari Survey Global Audit Internal 2010: Evaluasi Pengendalian Internal akan Semakin Berkurang

The IIA Research Foundation (IIARF) baru saja mengeluarkan dua laporan, dari 5 laporan yang direncanakan untuk dipublikasikan, berdasarkan penelitian Survey Global Audit Internal 2010, yang merupakan bagian dari studi CBOK. Studi CBOK itu sendiri merupakan penelitian yang paling komprehensif yang pernah dilakukan pada profesi ini. Penelitian ini dilakukan oleh IIARF dalam 22 bahasa, termasuk Bahasa Indonesia, yang melibatkan 13.582 responden di lebih dari 107 negara. Dari kedua laporan tersebut disampaikan temuan awal bahwa dalam lima tahun ke depan fokus aktivitas audit internal akan berbeda secara signifikan dari praktik yang ada pada saat ini.

Pada laporan yang pertama,  Characteristics of an Internal Audit Activity, area-area yang akan menjadi fokus utama audit internal dalam lima tahun mendatang adalah: tata kelola perusahaan (GCG), manajemen risiko perusahaan (ERM), review strategis, audit etika, dan migrasi ke Standar Pelaporan Keuangan Internasional (IFRS). Sementara itu, area-area yang selama ini secara tradisional menjadi bidang utama auditor internal, seperti: audit operasional dan kepatuhan, audit keuangan, investigasi kecurangan (fraud), dan evaluasi pengendalian internal, akan semakin kurang mendapatkan penekanan.

Survey ini sendiri memang dimaksudkan untuk melihat bagaimana profesi audit internal berevolusi. “Sangat penting bagi sebuah profesi apa pun untuk memahami di mana saja selama ini sudah berada, di mana posisi pada saat ini, dan ke mana mereka akan menuju,” kata Wakil Presiden IIARF Bonnie Ulmer. “Ini merupakan upaya terus menerus yang memungkinkan profesi audit internal tetap relevan, bersemangat, dan visioner.”

Temuan penting lainnya dari laporan yang pertama tersebut, yang meneliti demografi dan atribut lainnya dari populasi global auditor internal, adalah:

  • Lebih dari setengah dari organisasi audit internal mendapatkan staf mereka dari mutasi internal organisasi, kemudian diikuti dari agen tenaga kerja dan referensi dari afiliasi profesional.
  • Seorang auditor Internal rata-rata memasuki profesi ini di usia yang lebih muda.
  • Ada peningkatan yang signifikan dalam persentase auditor internal yang memperoleh tingkat sarjana dan doktor.
  • Sekitar 50 persen dari organisasi responden akan merekrut staf dalam lima tahun ke depan, sedangkan 42 persen akan mempertahankan tingkat staf saat ini.

Sementara itu laporan penelitian kedua yang telah dirilis, Core Competencies for Today’s Internal Auditor, memberikan wawasan tentang kompetensi inti untuk auditor internal pada saat ini dan tingkat penggunaan serta efektivitas IIA Standar Internasional untuk Praktik Profesional Audit Internal (ISPPIA). Menurut laporan tersebut, kompetensi utama antara lain kemampuan komunikasi, keahlian mengidentifikasi masalah dan merumuskan solusi, serta tetap up-to-date dengan perubahan regulasi industri dan standar profesional. Namun, ‘memahami bisnis’ merupakan keahlian teknis yang dinilai paling penting bagi seorang auditor internal.

“Di lingkungan yang secara dinamis terus berubah, profesi audit internal harus dimonitor secara hati-hati dan dianalisa secara terus menerus untuk mendokumentasikan sejarah, pemahaman yang penting, dan pelajaran kunci yang bisa dipelajari oleh generasi masa depan auditor internal,” kata Ulmer. “Bukan hanya bahwa kita harus berusaha untuk memberikan gambaran kuat dari keadaan profesi ini pada saat ini, tetapi juga mendorong penelitian-terkait-praktik untuk menginformasikan dan mendorong batas-batas praktik audit internal.”

Versi softcopy dua laporan penelitian yang pertama ini telah tersedia bagi anggota IIA secara gratis dan dapat dibeli oleh nonanggota masing-masing seharga US $ 25. Sedangkan versi cetak akan segera tersedia melalui The Bookstore IIARFwww.theiia.org/bookstore , dengan biaya sebesar US $ 25 untuk anggota IIA dan US $ 45 untuk nonanggota. Tiga laporan lainnya akan dirilis dalam beberapa bulan mendatang, yaitu:

  • Measuring Internal Auditing’s Value.
  • What’s Next for Internal Auditing?
  • Imperatives for Change: The IIA’s Global Internal Audit Survey in Action.

Referensi:

http://www.theiia.org/recent-iia-news/?i=15295

One response to “Temuan Awal dari Survey Global Audit Internal 2010: Evaluasi Pengendalian Internal akan Semakin Berkurang

  1. Ping-balik: Bulan Mei – Bulan Kepedulian Audit Internal Internasional | Auditorinternal.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s