IIA Meneken MOU dengan INTOSAI

The Institute of Internal Auditors, Inc (IIA) dan the Professional Standards Committee of the International Organization of Supreme Audit Institutes (INTOSAI) telah menandatangani nota kesepahaman (MOU) tanggal 10 Desember 2010 lalu di Johannesburg, Afrika Selatan. Perjanjian tersebut menegaskan kembali penyelarasan tujuan strategis kedua organisasi, saling pengakuan standar global masing-masing, serta merinci kembali proses kolaborasi dan kerjasama berkelanjutan di antara kedua badan. Dalam penandatanganan MOU ini  pihak INTOSAI diwakili oleh Henrik Otbo, Ketua Komite Standar Profesional, sedangkan pihak IIA oleh Chairman Board, Meggeneder Günther, CIA.

Perjanjian ini menggantikan MOU yang pernah disetujui pada tahun 2007 yang ditandatangani di Amsterdam, yang meletakkan dasar kerjasama dan kolaborasi antara dua standard-setter global tersebut. MOU sebelumnya memfasilitasi penerbitan dua pedoman INTOSAI terkait dengan independensi Auditor Internal di Sektor Publik serta kerjasama antara Auditor Internal di Sektor Publik dengan Auditor SAI. Sementara itu, MOU kali ini memperluas kolaborasi dengan unsur utama adalah saling pengakuan antarstandar masing-masing organisasi – INTOSAI dan IIA – secara global.

“Sebagai pemimpin global dan standar-setter untuk profesi audit internal, IIA menyadari pentingnya bekerja sama dengan pemimpin dalam standar-setter untuk audit sektor publik,” demikian Meggeneder.  “Sangat penting bahwa dua organisasi ini bekerja sama untuk memastikan konsistensi dan kontinuitas, dan MOU ini akan berfungsi sebagai saluran penting pekerjaan itu.” Di pihak lain, selaras dengan itu, Otbo mengatakan “The IIA merupakan mitra ideal untuk mendukung tujuan strategis INTOSAI untuk menyediakan dan menjaga standar internasional dan berkontribusi pada pengembangan dan penerapan standar profesional yang sesuai dan efektif.”

Tak  hanya menuju bahasa yang sama dalam kaitannya dengan standar global, kedua badan tersebut juga akan saling menawarkan wawasan dan berbagi informasi, penelitian, alat, serta bahan dan sumber daya lain. Selain itu, IIA dan INTOSAI juga setuju untuk mengamati penetapan standar dan kegiatan masing-masing badan.

Dengan saling pengakuan standar secara global, tentu akan berimbas kepada penerapannya di Indonesia. MOU ini akan memperkuat apa yang telah diacu oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI sebagai SAI Indonesia dalam penyusunan Standar Pemeriksaan Keuangan Negara (SPKN). Sebagaimana kita ketahui, dalam Peraturan BPK RI Nomor : 01/2007 tanggal  7 Maret 2007 tentang SPKN, dalam bagian Pendahuluan butir 04.b.7  disebutkan bahwa salah satu referensi dan landasan SPKN adalah SPPIA-IIA edisi 2003. Dalam perkembangan SPKN ke depan semoga BPK RI akan mengacu kembali kepada IPPF edisi terakhir sebagai implementasi MOU ini di Indonesia.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s