IIA Indonesia 2010 National Conference Dibuka

Kuta, 24/11/2010 – Pagi ini konferensi nasional auditor internal Indonesia yang dihelat oleh The IIA Chapter Indonesia dimulai. Tepat pada pukul 9.00 WITA, Presiden The IIA Chapter Indonesia, Edwinsjah Iskandar membuka secara resmi acara dua hari ini yang dilanjutkan dengan pemukulan gong oleh Chairman Board od Director IIA Indonesia, Eddie  M Gunadi. Dalam sambutannya Edwinsjah menegaskan kembali tema acara ini yaitu menuju auditor internal Indonesia yang semakin diakui, dipercayai, dan bernilai.

Sebagaimana disampaikan oleh Edwinsjah, konferensi ini diikuti sebagian besar oleh profesional audit internal pada level manager ke atas, termasuk anggota komite audit dan komisaris. Namun sayangnya, materi yang disampaikan dalam konferensi ini sebagian besarnya adalah konsep dan teknik yang mendasar, yang sudah barang tentu telah dikuasai oleh sebagian besar peserta tersebut. Konferensi ini juga tidak cukup memberikan updates bagi peserta mengenai current issues pada profesi audit internal, khususnya yang berlaku di lingkungan IIA sendiri. Bahkan yang paling mendasar seperti Standar edisi baru, sama sekali tidak disentuh.  Hanya satu practice advisory baru yang di bahas yaitu PA 2200-2: Using a Top-down, Risk-based Approach to Identify the Controls to be Assessed in an Internal Audit Engagement. Padahal banyak sekali pedoman baru yang terbit selama tahun 2010 yang memerlukan penjelasan, dan terutama benchmark praktiknya, dalam ajang konferensi tahunan seperti ini.

Meski demikian, pengalaman implementasi dan tantangan penerapan konsep dan teknik di tempat lain cukup memberikan wawasan bagi para peserta. Tercatat dua sesi yang memberikan materi seperti itu, dalam topik penerapan ERM dan IFRS.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s