Penggunaan frasa “sesuai dengan Standar Internasional untuk Praktik Profesional Audit Internal”

Sebagai sebuah profesi yang secara ketat mengatur kecukupan pemenuhan standar profesional dalam pelaksanaannya, CAE dan auditor internal perlu menyatakan kecukupan tersebut dengan mencantumkan frasa “sesuai dengan Standar Internasional untuk Praktik Profesional Internal Audit” berdasarkan Standar 1321. Namun pencantuman tersebut hanya dimungkinkan apabila hasil program pemastian kualitas dan perbaikan (QAIP) mendukung dan sinkron dengan pernyataan tersebut. Selanjutnya IIA memberikan pedoman lanjutan sebagai berikut:

1. Pemantauan secara berkelanjutan serta penilaian internal dan penilaian eksternal terhadap kualitas aktivitas audit internal terus dilakukan untuk mengevaluasi dan menyatakan pendapat atas kesesuaian aktivitas audit internal terhadap Definisi Audit Internal, Kode Etik, dan Standar. Selain evaaluasi kesesuaian juga mencakup pula rekomendasi untuk perbaikan bila dalam aktivitas audit internal ditemukan kekurangan-kekurangan.

2. Frasa yang digunakan boleh: “sesuai dengan Standar,” atau “sesuai terhadap Standar “. Untuk menggunakan salah satu frasa tersebut, penilaian eksternal diperlukan setidaknya sekali  setiap periode lima tahun, bersama dengan pemantauan secara berkelanjutan dan penilaian internal secara berkala. Penggunaan frasa ini tidak dibenarkan apabila belum dilakukan penilaian eksternal independen yang menunjukkan atau menyimpulkan bahwa aktivitas audit internal sesuai dengan Definisi Audit Internal , Kode Etik, dan Standar.

3. CAE bertanggung jawab untuk mengungkapkan ketidaksesuaian yang memiliki dampak terhadap keseluruhan lingkup atau operasi dari aktivitas audit internal, termasuk kegagalan memperoleh penilaian eksternal dalam jangka waktu lima tahun, kepada manajemen senior dan board.

4. Sebelum aktivitas audit internal menggunakan frasa kesesuaian tersebut, setiap ketidaksesuaian yang telah ditemukan dalam penilaian internal atau eksternal yang mempengaruhi kemampuan aktivitas audit internal untuk menunaikan tanggung jawabnya harus telah diperbaiki secara memadai terlebih dahulu. Selain itu, perlu dilakukan hal-hal sebagai berikut:

  • Tindakan perbaikan harus didokumentasikan dan dilaporkan kepada penilai untuk memperoleh persetujuan bahwa ketidaksesuaian tersebut telah diperbaiki secara memadai, dan
  • Tindakan perbaikan beserta persetujuan dari para penilai tersebut perlu dilaporkan kepada manajemen senior dan board.

Referensi :

  • Practice Advisory #1321-1 IPPF Jan 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s