Penilaian Internal

Di dalam standar 1311 mengenai Penilaian Internal telah diatur bahwa dalam rangka QAIP, Aktivitas Audit Internal harus menetapkan program penilaian internal yang terdiri dari pemantauan secara berkelanjutan/terus menerus (ongoing) dan juga penilaian secara periodik/berkala. Selanjutnya diberikan panduanlebih lanjut dalam  melakukan penilaian internal, sebagai berikut:

1. Proses dan tools yang digunakan dalam penilaian internal yang dilakukan secara berkelanjutan meliputi, antara lain:

  • Supervisi penugasan,
  • Checklist dan prosedur (misalnya, dalam audit dan prosedur manual) senantiasa diikuti,
  • Umpan balik dari audit customer dan stakeholder lainnya,
  • Review kertas kerja oleh staf/rekan yang tidak terlibat dalam audit yang bersangkutan,
  • Anggaran projek penugasan, sistem pencataan waktu, rencana penyelesaian audit,  dan/atau
  • Analisis metrik kinerja lainnya (seperti waktu siklus dan rekomendasi yang diterima).

2. Kesimpulan dikembangkan terhadap kualitas kinerja yang sedang berlangsung serta tindak lanjut diambil untuk memastikan perbaikan yang diperlukan telah diterapkan.

3. Dasar untuk melakukan penilaian internal bisa menggunakan “Quality Assessment Manual” yang diterbitkan oleh The IIA atau manual lain yang sejenis.

4. penilaian internal secara periodik dapat:

  • meliputi wawancara lebih mendalam (in-depth interview) dan survei terhadap kelompok-kelompok stakeholder.
  • dilakukan oleh anggota Aktivitas Audit Internal (self-assessment).
  • dilakukan oleh CIA atau profesional audit internal yang kompeten lainnya, yang pada saat ini ditugaskan di unit kerja lain di dalam organisasi.
  • mencakup kombinasi dari self-assessment dan penyiapan bahan-bahan bagi review yang akan dilakukan kemudian oleh CIA atau profesional audit yang kompeten lainnya.
  • meliputi pembandingan praktik dan metrik kinerja Aktivitas Audit Internal terhadap praktik-praktik terbaik (best practices) yang relevan dari profesi audit internal.

5. Penilaian internal periodik yang dilakukan dalam waktu mendekati dilakukannya penilaian eksternal dapat berfungsi untuk memfasilitasi dan mengurangi biaya penilaian eksternal. Jika penilaian internal  periodik dilakukan oleh pereview atau tim review yang independen dan qualified dari eksternal, hasil penilaian tidak boleh mengomunikasikan jaminan apapun terhadap hasil dari penilaian eksternal yang akan dilakukan berikutnya. Laporan ini dapat memberikan saran dan rekomendasi untuk meningkatkan praktik-praktik Aktivitas Audit Internal. Jika penilaian eksternal dilakukan dalam bentuk ‘self-assessment dengan validasi independen’, penilaian internal periodik dapat berfungsi sebagai bagian dari self-assessment dalam proses tersebut.

6. Kesimpulan dikembangkan terhadap kualitas kinerja dan tindakan yang tepat dan perlu telah dimulai untuk mencapai perbaikan dan kesesuaian dengan Standar.

7. CAE menetapkan struktur untuk pelaporan hasil penilaian internal untuk menjaga kredibilitas dan objektivitas. Secara umum, orang-orang yang ditugaskan untuk melakukan penilaian secara terus-menerus dan periodik, melapor kepada CAE selama penugasan penilaian dan juga mengomunikasikan hasil-hasilnya secara langsung kepada CAE.

8. Setidaknya setiap tahun, CAE laporan hasil penilaian internal, rencana tindakan perbaikan yang diperlukan, serta implementasinya kepada manajemen senior dan Dewan.

Referensi :

  • Practice Advisory #1311-1 IPPF Jan 2009
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s