Program Pemastian Kualitas dan Peningkatan (QAIP)

Dalam Standar 1300 beserta interpretasinya, Kepala Eksekutif Audit (CAE) harus menerapkan suatu program pemastian atau jaminan kualitas yang mencakup semua aspek Aktivitas Audit Internal untuk memastikan kegiatan Aktivitas Audit Internal telah sesuai dengan Definisi Audit Internal, Kode Etik, dan Standar, serta telah berjalan secara efektif dan efisien. Lebih rinci IIA memberikan pedoman QAIP tersebut sebagai berikut:

1. Kepala Eksekutif Audit (CAE) bertanggung jawab untuk menjalankan Aktivitas Audit Internal  dengan lingkup tugas sesuai dengan Standar dan Definisi Audit Internal. Untuk memastikan hal tersebut, Standard 1300 mensyaratkan CAE untuk mengembangkan dan menjaga program pemastian/jaminan mutu dan perbaikan (Quality Assurance and Improvement Program – QAIP).

2. CAE bertanggung jawab untuk menerapkan proses yang dirancang untuk memberikan jaminan  yang wajar kepada berbagai pihak pemangku kepentingan bahwa Aktivitas Audit Internal:

  • Berjalan sesuai dengan piagam audit internal, yang konsisten dengan Definisi Audit Internal, Kode Etik, dan Standar.
  • Beroperasi secara efektif dan efisien.
  • Dipersepsi oleh para stakeholder sebagai nilai tambah dan meningkatkan operasi organisasi.

Proses ini meliputi pengawasan yang tepat, penilaian internal secara periodik dan pemantauan jaminan kualitas secara berkelanjutan, serta penilaian eksternal secara berkala.

3. Proses QAIP harus cukup komprehensif untuk mencakup semua aspek operasi dan pengelolaan Aktivitas Audit Internal, sebagaimana digariskan dalam Definisi Internal Audit, Kode Etik, Standar, dan juga dicontohkan oleh praktik-praktik terbaik profesi. Proses QAIP dilakukan oleh, atau dibawah pengawasan langsung dari, CAE. Kecuali dalam suatu lingkungan Aktivitas Audit Internal yang kecil, CAE biasanya akan mendelegasikan sebagian tanggung jawab QAIP kepada bawahannya. Sementara itu pada organisasi dengan lingkungan yang besar atau kompleks (misalnya, memiliki berbagai unit usaha dan/atau lokasi), CAE perlu menetapkan fungsi QAIP secara formal yang dipimpin oleh seorang eksekutif audit internal dan  independen dari kegiatan audit dan konsultasi yang rutin dilakukan dalam audit internal. Eksekutif ini (beserta staf tertentu) mengelola dan memantau aktivitas yang diperlukan agar QAIP dapat berjalan dengan sukses.

Referensi :

  • Practice Advisory #1300-1 IPPF Jan 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s