Mari Turut Membentuk Profesi! – Ikuti Survei Global Audit Internal 2010

Anda merasa praktik standar audit internal yang sedang berjalan tidak sesuai dengan kearifan lokal Indonesia? Atau, Anda memandang best practice internasional hanya sekadar alat negara maju untuk memaksakan keseragaman dengan mereka sebagai acuan dan negara terbelakang sebagai korban? Kalau begitu, kenapa tidak Anda ungkapkan! Inilah saatnya kita para auditor internal sejagad untuk menyumbang pemikiran dan berbagi pengalaman praktik yang telah dilakukan. Inilah saatnya kita semua turut membentuk bagaimana wujud profesi ini ke depan!

Mulai 15 Maret ini hingga 17 Mei 2010 nanti, The Institute of Internal Auditor (IIA) mengadakan survei global audit internal sebagai bagian dari studi Common Body of Knowledge (CBOK). Survei ini merupakan survei terlengkap yang pernah dilakukan sejak tahun 2006 lalu dan akan memberikan para praktisi audit internal dengan informasi terakhir terkait profesi ini di seluruh penjuru dunia, termasuk kita di Indonesia. Di antara informasi yang akan bisa dipetik antara lain:

  • Memberikan wawasan terhadap isu-isu yang muncul dan tantangan-tantangan yang dihadapi oleh profesi audit internal.
  • Membantu mengidentifikasi peluang-peluang baru bagi profesional audit internal untuk menambah nilai terhadap organisasinya.
  • Memberi kontribusi terhadap pengembangan standar dan pedoman baru.
  • Menunjukkan perubahan-perubahan yang telah terjadi dalam profesi audit internal sejak terakhir kali dilakukan studi pada tahun 2006, serta masih banyak lagi informasi lainnya.

Seluruh praktisi audit internal dari seluruh dunia diundang untuk berpartisipasi. Selain itu, survei ini juga terbuka bagi partner dan staf pada penyedia layanan (service provider) audit internal serta akademisi yang mengajar atau meneliti topik yang terkait dengan profesi audit internal. Jika Anda anggota IIA, seharusnya Anda akan menerima email undangan untuk melakukan survei ini melalui chapter atau afiliasi lokal. Anggota dan juga nonanggota dapat mengikuti survei melalui tautan yang akan disediakan pada halaman web ini.

Jangan khawatir dengan kendala bahasa. Survei ini akan diberikan dalam 22 bahasa, termasuk Bahasa Indonesia. Tentu merupakan kehormatan bagi kita bahwa Indonesia dianggap penting dengan perlunya IIA menerjemahkan kuesioner tersebut ke dalam bahasa kita. Sayangnya, berdasarkan data yang masuk pada survei serupa tahun 2006 lalu, tingkat partisipasi auditor internal di Indonesia masih sangat rendah. Dari 654 jumlah anggota IIA di Indonesia, hanya ada 11 respons yang valid, atau setara dengan 1,7%. Bila dibandingkan dengan jumlah keseluruhan praktisi auditor internal di Indonesia (termasuk praktisi di luar anggota IIA), tentu persentase itu akan semakin mengecil. Angka yang jauh di bawah negara-negara yang mungkin akan Anda pandang sebelah mata seperti Srilanka (12,0%), Uganda (11,1%), Ethiopia(5,7%), atau Ghana sekalipun (3.5%).

Survei ini bersifat anonim, dan hanya membutuhkan waktu 20 sampai 40 menit untuk melengkapinya, tergantung dari jawaban Anda. Anda tidak harus mengisinya sekaligus, namun dapat mengisinya sesuai ketersediaan waktu Anda dengan fasilitas simpan (save) jawaban. Anda dapat mengirimkan (submit) jawaban ketika semuanya Anda pandang telah lengkap. Pada akhir survei ini, Anda akan mendapat kesempatan mengikuti undian untuk mendapatkan “Visa Gift Card senilai US$ 200.”

Jadi, mari kita sambut survei dan kepercayaan kepada auditor internal Indonesia ini. Mari turut membentuk profesi ini!

Referensi:

3 responses to “Mari Turut Membentuk Profesi! – Ikuti Survei Global Audit Internal 2010

  1. terima kasih untuk informasi ini

  2. Ping-balik: Standar Edisi 2011 Telah Terbit ! | Auditorinternal.com

  3. Ping-balik: Temuan awal dari Survey Global Audit Internal 2010: Evaluasi Pengendalian Internal akan Semakin Berkurang | Auditorinternal.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s