Piagam Audit Internal

IIA menjelaskan lebih lanjut standar 1000 mengenai tujuan, wewenang, dan tanggung jawab yang harus dituangkan dalam piagam audit internal ini, sebagai berikut:

  1. Menyediakan suatu piagam audit internal yang formal dan  tertulis sangat penting dalam manajemen aktivitas audit internal. Piagam audit internal mengandung pernyataan pengakuan untuk direview dan diaksep oleh manajemen serta untuk disetujui, sebagaimana didokumentasikan dalam risalah, oleh Dewan. Piagam ini juga memfasilitasi penilaian secara periodik kecukupan tujuan, wewenang, dan tanggung jawab aktivitas audit internal yang menetapkan peran aktivitas audit internal. Piagam audit internal menyediakan perjanjian formal dan tertulis dengan manajemen dan Dewan tentang kegiatan audit internal organisasi.
  2. Kepala eksekutif Audit (CAE) bertanggung jawab untuk secara periodik menilai apakah tujuan, wewenang, dan tanggung jawab aktivitas audit internal, sebagaimana didefinisikan dalam piagam  audit internal, tetap memadai untuk memungkinkan aktivitas audit internal mencapai tujuannya. CAE juga bertanggung jawab untuk mengomunikasikan hasil penilaian ini kepada manajemen senior dan Dewan.

Contoh piagam audit yang diberikan oleh IIA dapat dilihat di sini .

Referensi:

  • Practice advisory #1000-1 IPPF Jan 2009
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s