CRISC™ – Sertifikasi Profesi Baru dari ISACA!

ISACA akan menawarkan sertifikasi profesi baru yang berhubungan dengan risiko pada bulan April 2010 mendatang. CRISC™ ( dieja: si-risk) atau The Certified in Risk and Information System Control™, demikian nama sertifikasi baru tersebut. CRISC diberikan kepada profesional TI yang bertugas mengidentifikasi dan mengelola risiko melalui pengembangan, implementasi dan pemeliharaan sistem informasi untuk membantu perusahaan dalam mencapai tujuan-tujuan bisnisnya, seperti: operasi yang efektif dan efisien, pelaporan keuangan yang dapat diandalkan, serta kepatuhan terhadap peraturan dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Sertifikasi CRISC berfokus pada:

  • Identifikasi, penilaian, dan evaluasi risiko
  • Respons risiko
  • Pemantauan risiko
  • Desain dan implementasi pengendalian sistem informasi
  • Pemantauan dan pemeliharaan pengendalian sistem informasi

Sertifikasi baru ini melengkapi sertifikasi ISACA yang telah ada, yaitu:

  • Bila CISA diberikan bagi profesional TI yang melakukan review independen terhadap efektivitas desain dan implementasi pengendalian sistem informasi, maka CRISC diberikan kepada profesional TI dan bisnis yang mendesain, mengimplementasikan dan memelihara pengendalian sistem tersebut.
  • Bila CISM diberikan bagi individu yang mengelola, mendesain, mengawasi dan/atau menilai keamana informasi suatu perusahaan, termasuk mengidentifikasi dan mengelola risiko keamanan informasi, maka CRISC adalah bagi profesional IT yang perannya juga mencakup operasional dan kepatuhan.
  • Bila CGEIT diberikan kepada profesional TI dan bisnis yang memiliki peran penting dalam manajemen, advisory, atau assurance yang berkaitan dengan tata kelola TI, termasuk manajemen risiko, maka CRISC adalah untuk profesional TI dan bisnis yang terlibat di tingkat operasional untuk memitigasi risiko.

Pada bulan April nanti akan diberikan kesempatan kepada profesional berpengalaman tertentu yang memenuhi syarat untuk dapat memperoleh sertifikat CRISC ini tanpa melalui ujian (grandfathering program). Sedangkan ujian pertama akan diselenggarakan mulai tahun 2011.

Anda yang cukup akrab dengan kerangka kerja Enterprise Risk Management tentu dapat melihat garis merah sertifikasi ini dengan kerangka tersebut. Apakah sertifikasi ini bisa menjadi sertifikasi yang berwibawa dan diterima pasar? Kita lihat saja nanti. Sementara itu, bila Anda berminat mempelajari sertifikasi baru dari ISACA ini lebih lanjut, silakan klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s