Standar 1130 – Gangguan terhadap Independensi atau Objektivitas

1130 – Gangguan terhadap Independensi atau Objektivitas

Jika independensi atau objektivitas terganggu baik secara kenyataan ataupun secara penampilan, rincian gangguan harus diungkapkan kepada pihak-pihak yang tepat. Sifat dari pengungkapan akan tergantung pada gangguan tersebut.

Interpretasi:

Gangguan terhadap independensi organisasi dan objektivitas individu dapat meliputi, tetapi tidak terbatas pada, konflik kepentingan pribadi, pembatasan lingkup, pembatasan akses terhadap catatan, personel, dan properti, serta pembatasan sumber daya, seperti pendanaan. Penentuan pihak-pihak yang tepat kepada siapa rincian gangguan independensi atau objektivitas serta sifat gangguan harus diungkapkan, tergantung pada harapan dari Aktivitas Audit Intern dan tanggung jawab Kepala Eksekutif Audit terhadap manajemen senior dan Dewan seperti yang dijelaskan dalam Piagam Audit Internal.

1130.A1 – Internal auditor harus menahan diri dari menilai kegiatan tertentu yang sebelumnya mereka menjadi penanggung jawab. Objektivitas dianggap terganggu jika auditor internal menyediakan layanan pemastian untuk kegiatan di mana auditor internal memiliki tanggung jawab, dalam tahun sebelumnya.

1130.A2 – Penugasan pemastian untuk fungsi-fungsi di mana Kepala Eksekutif Audit memiliki tanggung jawab harus diawasi oleh pihak di luar Aktivitas Audit Internal.

1130.C1 – Internal auditor dapat memberikan layanan konsultasi yang berkaitan dengan kegiatan di mana mereka sebelumnya menjadi penanggung jawab.

1130.C2 – Jika auditor internal memiliki potensi gangguan terhadap independensi atau objektivitas yang berhubungan dengan layanan konsultasi yang diusulkan, pengungkapan harus dilakukan kepada klien penugasan sebelum menerima penugasan.

One response to “Standar 1130 – Gangguan terhadap Independensi atau Objektivitas

  1. Ping-balik: Tanggung Jawab Audit Internal atas Fungsi-fungsi Lainnya (Non-audit) | ittama123.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s