Prediksi Profesi TI di Tahun 2010

Belum lama ini Foote Partners LLC merilis prediksi pasar tenaga kerja TI untuk 2010 berdasarkan survei berkelanjutan dan pemantauan tren tenaga kerja TI pada 1.980 perusahaan di Amerika Utara.

Berikut ini ringkasan kesimpulannya:

  1. Pengangguran tenaga TI masih akan terus berlanjut dengan stabil. Memang ada momentum pertumbuhan di sektor jasa tapi terkoreksi dengan volatilitas di sektor lain.
  2. Pemulihan pekerjaan terkait TI masih sangat kecil kemungkinannya, hampir-hampir tidak berarti.
  3. Investasi lebih terfokus pada keterampilan daripada pekerjaan (rekrutmen eksternal). Keterampilan dapat diperoleh secara internal (perekrutan, pelatihan), dari luar (kontraktor, konsultan), ‘menyewa’ melalui outsourcing dan offshoring, atau membeli sejumlah layanan berikut pengelolaannya.
  4. Sektor pekerjaan layanan TI pertama kali pulih, namun berbeda untuk vendor besar dan kecil.
  5. Keterampilan dan sertifikasi yang akan laku untuk tahun 2010 seperti keamanan informasi, ERP (terutama SAP), sistem operasi open source, virtualisasi, arsitektur, berbagai jaringan IP (VPN, Metro Ethernet, IP Telephony), dan proses bisnis. CISA juga akan menjadi salah satu sertifikasi yang laku. Selengkapnya bisa dilihat di tabel di bawah.
  6. Pekerjaan yang laku untuk tahun 2010. Keamanan TI adalah pekerjaan yang dinilai paling cerdas pada tahun 2010. Berikutnya adalah SAP profesional, social media, pengembang web, e-commerce, dan intelijen bisnis.

Bagaimana dengan  kondisi di Indonesia? Bagaimana pula ‘nasib’ auditor TI di tahun 2010?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s